5 Masjid Megah Di Negara Mayoritas Non Muslim

Loading...

“Tempat yang paling dicintai Allah SWT adalah masjid masjidnya dan yang paling dibenci Allah SWT adalah pasar pasarnya“, (HR. Muslim dari Abu Hurairah). Seperti yang kita ketahui, masjid merupakan simbol keislaman yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat islam. Karena masjid merupakan bentuk ketundukan umat kepada Allah SWT. Di dunia ini ada jutaan masjid yang tersebar di seluruh penjuru dunia, terutama di negara mayoritas penduduk muslim. Namun tahukah Anda, ada masjid megah di negara non muslim? Di negara dengan mayoritas non muslim pun ada masjid yang kemegahannya tidak kalah dengan masjid-masjid yang mayoritas penduduknya muslim. Kali ini kita akan memberikan informasi tentang 5 masjid termegah di negara mayoritas non muslim.

Berikut ini 5 Masjid Megah di Negara Non Muslim

1. Masjid Ahmad Kadyrof Grozny Republik Chechnya

Masjid Ahmad Kadyrof Grozny sebagai masjid megah di negara non muslim

Loading...

Yang pertama adalah masjid Ahmad Kayrof di Chechnya yang merupakan federasi Rusia. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Rusia. Namun masjid ini diambil dari mantan presiden Chechnya Ahmad Kayrof yang tewas terbunuh pada tahun 2004.

Pembangunan kompleks masjid ini memakan dana sekitar 20 juta us dollar dan diresmikan oleh perdana menteri Russia Vladmir Putin dan presiden Chechnya saat itu Ramzan Khadirov pada tanggal 17 oktober 2008.

Masjid megah ini dikelilingi oleh beberapa fasilitas penunjang seperti perpustakaan, gedung konferensi serta madrasah.

2. Masjid Jami’ Tokyo Jepang

Masjid_Jami_Tokyo_Japan

Masjid megah di negara non muslim berikutnya adalah masjid di Negara yang mayoritas penduduknya beragama Sinto ini. Berdiri masjid megah di tengah kota yang dikenal dengan masjid Jami’ Tokyo. Masjid yang didirikan tahun 1938 ini pernah mengalami kerusakan di tahun 1986 kemudian direnovasi yang memakan waktu hingga tahun 2000.

Sekilas, masjid yang terbuat dari marmer ini terlihat seperti blue mosque Turkey dengan beberapa kubah berwarna biru dan teras yang dihiasi khas arsitektur turkey. Begitu kentalnya sentuhan Turkey ini dikarenakan masjid ini di desain oleh moharrom seorang arsitektur berkebangsaan Turkey. Hingga kini masjid ini masih beridiri megah sebagai pusat peradaban islam di Tokyo serta sebagai pusat kebudayaan turkey di Jepang.

3. Grande Mosque De Paris Prancis

grande-mosque-de-paris

Loading...

Kemudian masjid megah di negara non muslim selanjutnya adalah grande mosque de paris yang diresmikan oleh presiden Prancis Gaston Doumergue pada 15 juli 1926. Masjid yang didirikan dilokasi bekas rumah sakit ini merupakan tanda terimakasih bagi 100 ribu tentara muslim yang membantu Prancis melawan Jerman di perang dunia 1. Masjid megah ini memperlihatkan keagungan sebuah bangunan islam yang ditunjukkan melalui desain arsitektur dan keindahan mozaik mozaiknya. Serta memperlihatkan aspek klasik dan perkembangan peradaban seni islam.

4. Masjid Islamic Center Of Amerika

Masjid Islamic Center Of Amerika sebagai masjid megah di negara non muslim

Masjid megah di negara non muslim selanjutnya ada masjid Islamic center of Amerika yang berada di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Masjid megah ini merupakan masjid termegah di negeri paman sam yang berdiri diatas tanah seluas 21 ribu meter persegi. Masjid ini berdiri sejak tahun 1963 dan sengaja dibuat untuk dakwah islam di Amerika.

Masjid ini terlihat indah dengan rerumputan hijau yang menjadi karpet alami ditambah dengan kubah kuning besar yang menjadi atapnya. Serta adanya menara tinggi besar seolah menjadi penjaga masjid ini membuat kemegahan terlihat.

5. The Mosque Of Rome Italia

mosque-of-rome-italy

Masjid megah terakhir adalah masjid the mosque of rome di Roma Italia. Seperti banyak diketahui, kota Roma merupakan kota yang identik dengan pusat agama katolik dengan adanya negara fatikan di dalamnya. Namun siapa sangka, di kota ini terdapat masjid megah yang berdiri diatas lahan 300 ribu meter persegi dan merupakan masjid kebanggan keluarga muslim di Italia.

Masjid yang juga dikenal sebagai grande mosque ini dihiasi dengan 16 kubah ditambah sebuah kubah besar dengan hiasan bulan sabit serta menara setinggi 40 meter. Masjid megah yang diarsiteki oleh paolo portoghesi Memiliki 86 pilar di bagian luar serta 32 pilar di bagian dalam.

Kemegahan masjid ini dihiasi oleh berbagai gambar mozaik yang membatasi balkon, relung dan basis basis lajur. Keindahan semakin terlihat dari masjid ini dengan adanya dekorasi lantai masjid yang terdiri dari beraneka warna dan motif geometris yang berbentuk bintang yang terbuat dari marmer, batu alam dan batu bata khas Roma.

Demikian informasi tentang 5 masjid megah di negara non muslim yang notabene kemegahan masjidnya sangat indah dan besar.

Baca juga : Masjid yang Memilik Keajaiban di Indonesia

Loading...