Pulau Harapan

Loading...

Bagi Anda yang berada atau tinggal di luar kota Jakarta, Anda selama ini mungkin hanya akan mendengar berita-berita menjemukan dari kota yang menjadi ibu kota Republik Indonesia ini. suasana kotanya yang bising, penduduknya yang padat dan jalanannya yang selalu macet seolah menjadi sajian wajib yang selalu disiarkan di televisi atau dituliskan di media-media masa tentang kota Jakarta.

Namun tahukah Anda. dibalik segala kesemrawutan tersebut, kota Jakarta tenyata menyimpan beragam destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari yang dimiliki oleh daerah lainnya di Indonesia. Berbagai jenis wisata seperti wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam sampai wisata bahari juga tersedia di kota Jakarta.

Wisata Pulau Harapan

Wisata Pulau Harapan

Salah satu destinasi wisata kota Jakarta yang di tahun 2018 ini mulai menggeliat ialah lokasi wisata bahari Pulau Harapan. Pulau yang terletak di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu ini, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

Sejak mulai dibuka sebagai tujuan wisata pada tahun 2013. Pulau Harapan telah didatangi oleh beribu-ribu wisatawan yang berasal dari dalam Kota Jakarta, luar Jakarta bahkan luar negeri. Puncaknya pada tahun 2016 kemarin, tercatat terdapat kunjungan lebih dari 7000 wisatawan ke pulau ini.

Sebagaimana yang telah sedikit kami singgung diatas. Bahwa Pulau Harapan adalah salah satu bagian dari 342 pulau yang masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Kepulauan Seribu. Selain 60 pulau yang merupakan milik pribadi, pulau-pulau di daerah ini memang sudah lama dibangun dan disiapkan sebagai lokasi wisata bahari. Namun, karena terlalu banyaknya pulau-pulau yang harus dikelola, akhirnya pengelolaan yang dilakukan terkesan lamban dan tidak merata. Hanya ada beberapa pulau saja yang kini bisa dikatakan sudah siap dengan segala fasilitas dan sarana yang memadai.

Welcome to Pulau Harapan kepulauan seribu

Meskipun belum memiliki fasilitas umum dan sarana selengkap pulau lain di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka dan Pulau Tidung, namun daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Harapan telah berhasil menarik minat para wisatawan untuk mendatanginya. Hal ini dibuktikan dengan grafik peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang terus menanjak.

Melihat potensi tersebut, apabila pemerintah setempat lebih serius lagi untuk membangun dan mengelola segala fasilitas yang ada di Pulau Harapan, maka bukanlah hal yang mustahil bila nantinya Pulau Harapan akan mampu menarik lebih banyak kunjungan wisatawan. Bahkan, bukan tidak mungkin juga apabila nantinya tempat ini akan menjadi salah satu objek wisata favorit di Indonesia.

Rute Menuju Lokasi Wisata Bahari Pulau Harapan

Ada dua pilihan jalur perjalanan yang bisa Anda pilih apabila Anda berkeinginan untuk berlibur ke Pulau Harapan. Namun jika Anda tidak ingin repot-repot dengan pemilihan jalur dan urusan persiapan agenda kunjungan, maka Anda bisa memilih opsi perjalanan dengan membeli paket wisata ke lokasi pulau seribu yang telah disediakan oleh jasa tour dan travel.

Dengan menggunakan jasa tersebut, Anda bisa dibilang hanya tinggal “Terima jadi” karena semua hal yang berkaitan dengan agenda dan fasilitas liburan seperti penginapan yang akan Anda tempati nantinya sudah ditanggung dan disiapkan oleh pihak penyedia jasa tour dan travel.

Sedangkan bagi Anda yang lebih suka mengembara sendirian tanpa membutuhkan pemandu wisata atau guide. Maka Anda harus mencari jalur perjalanan dan alat transportasi sendiri. Opsi ini selain bisa lebih menghemat pengeluaran, juga akan memberikan Anda pengalaman liburan yang lebih menantang. Karena dari sejak persiapan keberangkatan, pemilihan jalur penyeberangan sampai pada agenda liburan, Anda sendirilah yang harus menyiapkan, mengatur dan menjalaninya.

Baca juga : Tempat Wisata di Tangerang

Loading...

Nah apabila Anda memilih opsi liburan tanpa guide. Maka jalur perjalanan ke Pulau Harapan Jakarta yang bisa Anda pilih adalah jalur penyeberangan dari dermaga Ancol yang berada di pantai Marina atau jalur penyeberangan dari pelabuhan Kali Adem Muara Angke. Sesuaikan saja dengan persiapan dana liburan yang Anda miliki.

Bila Anda memiliki dana lebih dan ingin menempuh perjalanan yang lebih cepat, maka pilihlah jalur perlananan ke Pulau Harapan dari jalur dermaga Ancol. Melalui jalur dermaga Ancol, Anda akan menyeberang menggunakan speedboat dengan waktu tempuh 1 jam dan dengan biaya atau ongkos sebesar Rp. 300.000 perorang sekali jalan.

Tapi bila dana yang Anda miliki pas-pasan. Maka Anda bisa memilih pilihan jalur penyeberangan kedua yakni dari pelabuhan Kali Adem. Melalui jalur ini, alat transportasi penyeberangan yang biasanya digunakan ialah kapal fery dengan ongkos Rp. 50.000 perorang sekali jalan. Tapi ya harap maklum, karena dari ongkosnya yang terbilang murah, Anda harus rela berdesak-desakan dengan penumpang lain dan harus rela menempuh perjalanan selama 3 sampai 3,5 jam.

Tiket Masuk Lokasi Wisata Pulau Harapan

Karena Pulau Harapan ini selain sebagai tujuan wisata juga merupakan wilayah berpenguni. Maka Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk mengeksplore keindahannya. Jadi Anda hanya akan membayar biaya ongkos saat penyeberangan saja dan kemudian bebas melakukan segala aktivitas liburan yang Anda inginkan.

Daya Tarik Wisata Pulau Harapan

Setelah sampai di lokasi wisata Pulau Harapan. Di area permukiman penduduk Anda bisa langsung menikmati sajian keindahan biota laut berupa penyu yang berada di 3 kolam penangkaran. Namun jika Anda ingin menikmati keindahan dan daya tarik lainnya, maka Anda harus menjelajah pulau-pulau lain yang berada di sekitar Pulau Harapan.

Awalilah penjelajahan Anda dengan mengunjungi pulau Kotok. Di pulau Kotok, Anda bisa melihat jantan dan gagahnya puluhan burung elang yang berada di tempat penangkaran. Tapi ingat, sebelum memasuki pulau Kotok, mintalah panduan dari petugas pemandu wisata yang telah disiapkan di pulau ini. Burung-burung elang yang ditangkar di pulau Kotok merupakan burung yang dilindungi, jadi Anda harus didampingi oleh para petugas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Wisata Pulau Harapan pulau Seribu

Setelah puas melihat-lihat burung elang di pulau Kotok. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pulau Kelapa Dua. Di pulau Kelapa Dua ini, Anda bisa menuju lokasi pembiakan penyu sisik atau pembudidayaan tanaman mangrove. Jika Anda ingin bermalam, di pulau ini juga disediakan beberapa homestay yang siap untuk ditempati.

Selain tempat-tempat penangkaran hewan dan tempat pembudidayaan tanaman. Yang membuat pulau Harapan menjadi menarik adalah karena di sekitar pulau Harapan juga terdapat beberapa pulau kecil yang memiliki pemandangan mempesona dengan hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih.

Salah satunya yang sangat terkenal adalah pulau Bulat yang konon merupakan pulau milik mantan Presiden RI, Almarhum Soeharto. Di pulau Bulat ini, Anda bisa bersantai menenangkan diri di bawah rindangnya pohon-pohon pinus. Dan ketika hari telah senja, Anda bisa menikmati indahnya view sunrise sebagai penutup segala aktivitas liburan Anda.

Pulau harapan

Sementara itu apabila Anda ingin menikmati keindahan panorama bawah laut dengan melakukan snorkeling atau diving. Maka pulau Bira yang juga merupakan bagian dari pulau-pulau kecil yang ada di pulau Harapan adalah lokasi yang paling tepat.

Di pulau Bira tersebut, mata Anda benar-benar akan dimanjakan oleh keindahan berbagai warna dan bentuk terumbu karang yang masih terawat dengan sangat-sangat alami. Selain itu, Anda juga akan disambut oleh ribuan jenis ikan dan binatang laut yang menjadi penghuni area pantai pulau bira.

Karenanya, agar diving Anda semakin seru dan bermakna, sebelum menyelami area pantai, Anda sebaiknya menyiapkan dan membawa kamera tahan air untuk mengabadikan semua momen-momen menakjubkan yang ada di bawah laut.

Baca juga : Wisata di Cikarang

Nah, semakin penasaran kan dengan keseruan dan keindahan objek wisata Pulau Harapan ? ayuk ah weekand ini atau weekand selanjutnya kita berlibur ke Pulau Harapan. Sampai jumpa di sana ya.

Loading...