Rumah Skandinavia

Loading...

Di awal kehidupan pernikahan, pasangan muda pastilah mulai memikirkan untuk memiliki rumah sendiri.

Terlebih awal pernikahan adalah momen belajar bersama mengenai kehidupan ke depannya dan awal kehidupan mandiri dan lepas dari orang tua benar-benar dimulai.

Salah satu gaya rumah yang pas bagi kondisi keuangan Anda adalah rumah minimalis khas Skandinavia yang memiliki low budget.

Tampilan khas rumah Skandinavia adalah perpaduan furnitur kayu dan dinding yang membuatnya terkesan natural namun tetap bergaya modern.

Beberapa prinsip yang mendasari gaya rumah Skandinavia adalah sebagai berikut:

  • Warna dinding adalah putih dengan perpaduan biru atau abu-abu.
  • Warna-warna yang menghiasi terkesan netral.
  • Lantai berupa kayu dengan warna terang kecuali lantai kamar.
  • Furniture terkesan simpel namun tetap modern dan fungsional.
  • Gunakan kain jenis linen, wol, katun, goni, atau bulu imitasi untuk karpet, tirai, dan yang lainnya.
  • Hiasan tidak berlebihan dan letakkan tanaman hias di dalam ruangan agar terkesan natural.

Ragam Prinsip Desain Rumah Skandinavia

Penataan Furniture
penataan ruangan skandinavia
Tatalah sofa, karpet, dan meja kecil dengan warna dan bentuk yang sederhana namun menciptakan nuansa modern dan kalem.

Karena gaya Skandinavia merupakan gaya yang simpel, pilihlah warna yang sederhana dan tidak terlalu mencolok seperti abu-abu, putih, krem, hitam, dan yang lainnya. Jangan pilih warna yang terkesan ceria ataupun suram.

Agar lebih menghemat pengeluaran, Anda bisa memodifikasi peralatan yang sudah ada dengan warna-warna tersebut.

Meja/Lemari Serbaguna

Contoh furnitur tersebut antara lain adalah lemari kecil atau rak serbaguna dan kursi yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Anda bisa menempatkan TV dan buku-buku Anda di sini untuk bersantai. Jangan terlalu banyak menempatkan furnitur yang dirasa tidak perlu ditata di sini agar ruangan Anda terlihat cukup luas.

Salah satu website yang membahas interior dan exterior terbaik: dekadeko.com

Loading...
menyebut furniture serbaguna ini dengan istilah smartfurniture. Konsep yang sudah tak asing lagi di luar negeri. Bagaimana kasur bisa dilipat ke dinding atau laci-laci di bagian ruangan tertentu terbukti menghemat ruang.

Warna Monokrom

Hiasi kamar tidur Anda dengan warna dinding putih, perabotan kayu, serta perlengkapan lain dengan warna monokrom.

Orang Skandinavia senang dengan warna terang dan ciri khas kamar yang memiliki jendela tanpa korden karena suasana terang di sana selama musim dingin sangatlah jarang ditemui.

Loading...

Untuk mengatasi itu maka digunakanlah warna-warna netral atau monokrom agar lebih alami dan memberikan kesan lebih terang dengan pencahayaan dari matahari secara alami.

Warna Pastel

Sebagai kombinasi dari warna monokrom atau warna alam lainnya, skandinavian sangat pas bila dipadukan dengan warna-warna pastel.
Adanya warna pastel pada beberapa bagian hunian menghadirkan kesan kelembutan pada rumah.

Furniture Fungsional

Gaya ini cukup bertentangan dengan gaya klasik yang cenderung menggunakan furniture besar. Skandinavian lebih kepada furniture yang ramping dan fungsional.

Konsep desain ini menggunakan gaya-gaya yang minimalis, detail tak rumit, dan mengedepankan sisi fungsional.

Konsep Ruang Kerja

ruang kerja skandinavia
Ruang kerja Anda bisa disulap menjadi ruang yang kecil namun terkesan luas dengan penataan dan pemberian warna-warna yang pas.

Anda bisa mengambil sudut ruangan di rumah Anda untuk menjadi ruang kerja. Gunakan meja dan kursi kayu dengan corak sederhana dan tidak terlalu ramai agar space terlihat luas.

Konsep Ruang Makan

penataan ruang makan skandinavia
Ruang makan dan dapur bisa dijadikan satu agar tidak memakan tempat terlalu banyak dan lebih fungsional. Anda bisa menambahkan lampu-lampu gantung berwarna putih, silver, atau abu-abu dengan kursi dan meja yang terbuat dari kayu.

Tambahkan tanaman hijau agar ruangan terlihat lebih sejuk dan terkesan teduh.

Buat Taman di Dalam Rumah

Anda bisa menempatkan beberapa tanaman kecil di sebuah ruangan dengan pencahayaan yang baik. Tambahkan kursi kecil atau meja untuk menyusun tanaman Anda dalam pot agar lebih unik dan terlihat imut.

Lahan yang tidak terlalu luas bisa disulap dengan membuat indoor garden dengan tanaman yang pas dan dapat dipelihara di tempat seperti itu.

Rumah minimalis khas Skandinavia ini sangat cocok untuk pasangan muda yang tinggal berdua. Selain mini juga menghemat pengeluaran.

Selamat mencoba!

Loading...