Sego Cawuk, Kuliner Khas Banyuwangi

Loading...

Jika anda berlibur atau berwisata ke Banyuwangi, pastikan sarapan pagi Anda merupakan makanan khas Banyuwangi. Makanan ini sangat cocok untuk Anda, sebelum memulai aktivitas berlibur Anda. Makanan yang asli Banyuwangi ini adalah sego cawuk berasal dari cara makan orang Osing yang memakannya tanpa sendok ataupun garpu, harus menggunakan tangan. Jika tidak dimakan menggunakan tangan rasanya akan berbeda.

Sego Cawuk Asli banyuwangi

Sego Cawuk Khas banyuwangi

Loading...

Komponen-komponen adalah kuwah yang terdiri dari parutan kelapa muda, jagung, dan disertai irisan mentimun yang telah diiris kecil-kecil. Serta dibumbui bawang merah, bawang putih, dan cabai. Untuk menambah gizi sego cawuk. Biasanya makanan ini ditambah dengan ikan, telur rebus, atau itik rebus. Bagi Anda yang suka pedas, Anda bisa mendambahkannya sambal tomat yang bisa membuat lidah anda kepanasan. Yang membuat makanan ini khas Banyuwangi adalah adanya kuah pindang khas Banyuwangi, dimana pembuatannya hanya ada di Banyuwangi. Kuah pindang adalah gula pasir yang dimasak gendam, sehingga hasil kuahnya bening dan manis.

Loading...

Baca juga : Pecel Pitik Makanan Khas Orang Osing

Cara memasaknya pun cukup unik, yaitu gula pasir secukupnya yang dipanaskan di wajan hingga meleleh. Setelah berbentuk seperti pasta, pasta langsung disiram air secukupnya.dan juga dibumbui lengkuas, daun salam dan garam

Mencari sego cawuk di Banyuwangi sangat mudah. Karena makanan ini adalah sarapannya orang Osing (Suku Asli Banyuwangi). Karena menjadi makanan pagi, makanan ini menjadi sulit dicari jika sudah jam jam siang ke atas. Seperti di warung mak mantih yang ada di desa perejengan, kecamatan rogojampi ini.

Warung ini hanya menyediakan sego cawuk dari jam 06.00 hingga jam 10.00 pagi saja. Menurutnya kuliner ini cocok untuk sarapan pagi. Banyaknya pekerja dan pasar di kecamatan rogojampi, membuat warung ini menjadi ramai akan pembeli. Rata rata perhari, warung kecil ini bisa menghabiskan 3 kilo ikan laut dan 10 kilo telur pindang. apalagi jika waktu libur telah tiba. Ini dikarenakan banyak orang yang rindu akan cita rasa makanan khas banyuwangi.

Untuk menambah variasi makanan. Warung mak mantih memiliki banyak tambahan menu tambahan seperti Pelasan ikan, dendeng, nus, atau telur di masak pindang. untuh harga satu porsi nasi cawuk bervariasi. Harga dimulai dari Rp 7000 hingga 15.000, Tergantung tambahan lauk yang anda pesan. Biasanya pelanggan membeli tambahan pelasan ikan dan telur pindang.

Baca juga : Rujak Soto Kuliner Khas Banyuwangi

Ayuk datang ke Banyuwangi dan cicipi kuliner khasnya. Banyak sekali yang bisa dicicipi ketika melakukan wisata kuliner di Banyuwangi. Banyak makanan khas Banyuwangi yang terkenal seperti durian merah Banyuwangi yang sudah dipatenkan oleh pemerintah Banyuwangi.

Loading...