Sholat Sunnah yang Diutamakan

Loading...

Sholat adalah ibadah yang paling sering dikerjakan oleh mayoritas umat muslim. Karena sholat adalah salah sayu rukun iman yang harus dilakukan oleh semua umat islam.

Dalam sholat ada dua jenis yaitu sholat fardhu (wajib) dan sholat Sunnah (dianjurkan). Sholat fardhu atau sholat wajib adalah sholat yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan oleh semua umat muslim di dunia. Sedangkan sholat sunnah adalah sholat pendukung untuk melengkapi sholat wajib. Tujunnya sebagai penyempurna sholatwajibnya.

Sholat Sunnah yang Diutamakan

Sholat-Sunnah-yang-Diutamakan

Loading...

Tapi, ini kan yang namanya sunnah kenapa diutamakan untuk dilaksanakan?

Bukankah Sunnah itu hanya dianjurkan. Nah, mari kita ulas kenapa sholat sunnah tapi harus dikerjakan.

Sunnah menurut pandangan umum sebagian masyarakat adalah sesuatu yang dianjurkan oleh syari’at Islam tetapi tidak harus atau wajib untuk dikerjakan. Sedangkan menurut pandangan yang lain, sunnah secara bahasa adalah kebiasaan, contoh terdahulu atau adat.

Tetapi, beberapa sholat sunnah ada yang sering sekali dilakukan Nabi, sehingga kita sebagai umatnya sudah seharusnya untuk mengikuti jejak beliau. Mari kita bahas, kira-kira sholat Sunnah apa saja yang harus Anda laksanakan.

Berikut Sholat Sunnah yang Diutamakan Untuk Dilaksanakan

1. Sholat Sunnah Rawatib

Apa itu Sholat Sunnah Rawatib?

Anda biasanya menjumpai seseorang yang melakukan sholat sebelum dan sesudah melakukan sholat wajib. Nah sholat itu dinamakan sholat Sunnah rawatib. Sholat Sunnah rawatib sendiri hukumnya dibagi menjadi dua yaitu muakkad dan ghoiru muakkad.

Apa itu muakkad dan ghoiru muakkad?

Muakkad artinya adalah sangat dianjurkan. Sedangkan Sunnah ghoiru muakkad adalah dianjurkan tetapi kedudukannya di bawah Sunnah muakkad.

Sholat rawatib yang hukumnya muakkad adalah sebagai berikut ini:

  • 2 rakaat sebelum sholat shubuh.
  • 2 rakaat sebelum sholat dhuhur.
  • 2 rakaat sesudah sholat dhuhur.
  • 2 rakaat sesudah sholat maghrib.
  • 2 rakaat sesudah sholat isya’.

Sedangkan sholat rawatib yang hukumnya ghoiru muakkad adalah sebagai berikut :

  • 2 rokaat sebelum sholat ashar.
  • 2 rokatat sebelum sholat maghrib.
  • 2 rokaat sebelum sholat isya’.

Mengapa sholat Sunnah rawatib ini menjadi sholat Sunnah yang harus anda kerjakan?

Hal ini dikarenakan Nabi Muhammad SAW hampir tidak pernah meninggalkan sholat rawatib. Tetapi lebih utama sholat rawatib ini Anda kerjakan secara mandiri bukan berjamaah.

Loading...

2. Sholat Jenazah

Selanjutnya sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan adalah sholat jenazah. Sholat jenazah ini sebenarnya adalah sholat yang apabila sudah ada yang mengerjakan maka gugur kewajiban kita. Tetapi apabila tidak ada yang mengerjakan sama sekali maka sholat ini menjadi wajib.

Nah, sholat jenazah ini berbeda dengan sholat pada umumnya. Sholat jenazah tidak ada ruku’, I’tidal atau sujud seperti sholat pada umumnya.

Rukun sholat jenazah adalah:

  1. Niat.
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Empat kali takbir.
  4. Mengangkat tangan
  5. Membaca surah Al fatihah
  6. Membaca sholawat untuk nabi.
  7. Berdoa.
  8. Salam.

Takbir pada sholat jenazah sama halnya dengan takbir sholat pada umumnya dengan tangan diletakkan di atas pusar.

Sedangkan bacaan apa saja yang dibaca setelah takbir:

  1. Takbir pertama adalah membaca surah al fatihah.
  2. Takbir kedua membaca sholawat.
  3. Takbir ketiga mendoakan jenazah.
  4. Takbir keempat berdoa lagi untuk jenazah dan untuk keluarga yang ditinggalkannya.
  5. Kemudian mengucapkan salam dan selesai.

Sholat jenazah ini harus anda lakukan. Di satu sisi memang anjuran agama, tetapi di sisi lain juga sebagai rasa solidaritas atau nilai-nilai kemanusiaan.

Jika bukan Anda sebagai saudara atau tetangga orang yang meninggal maka siapa lagi. Allah juga menjanjikan pahala yang berlipat apabila Anda mau merawat jenazah keluarga, saudara atau teman anda.

Allah menjanjikan pahala yang sangat besar bagi yang mau mengurusi jenazah saudara muslim Anda. Mengurus dengan maksud memandikan atau mensucikan jenazah, mendoakan atau mensholatkan jenazah dan menguburkannya dengan layak.

Dalam hal ini Allah menjanjikan pahala sebesar 2 qiroth sama dengan dua gunung uhud. Sungguh luar biasa besar pahala dari amalan untuk mengurus jenazah saudara muslim Anda. Maka jangan lewatkan jika ada saudara muslim Anda yang wafat. Ikutlah mengurusi jenazahnya dengan ikhlas.

3. Sholat Dua Hari Raya

Momen hari raya adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi sebagian banyak orang.

Karena pada momen ini keluarga berkumpul, saling memaafkan ditambah dengan suasana meriah. Baik idul fitri dan idul adha keduanya adalah hari raya umat islam yang dinanti.

Namun, alangkah baiknya jika Anda mengikuti sholat pada dua hari raya ini. Yaitu pada hari raya lebaran atau hari raya idul Fitri, dan hari raya kurban atau hari raya idul Adha.

Bahkan begitu pentingnya sholat pada dua hari raya ini Nabi Muhammad sampai memerintahkan wanita untuk mengikuti sholat ied. Padahal sebenarnya wanita dianjurkan untuk tidak mengikuti sholat berjamaah di luar rumahnya.

Tata cara sholat dua hari raya ini sama yaitu diawalin dengan niat, kemudian takbir 7 kali pada rokaat pertama dan 5 kali pada rokaat kedua. Kemudian salam.

Demikianlah beberapa sholat Sunnah yang diutamakan untuk dikerjakan. Sholat sunnah tersebut dianjurkan untuk Anda laksanakan karena merupakan sunnah Rasulullah yang bermanfaat bagi Anda dan orang disekitar Anda.Juga untuk menambah nilai-nilai kemanusiaan.

Untuk mengetahui informasi tentang berbagai sholat sunnah, doa-doa islam, silahkan kunjungi sumber dari artikel ini di wisatanabawi.com.

Loading...