Surat Makkiyah

Surat Makkiyah

Surat-surat dalam Al-Quran digolongkan menjadi dua golongan yaitu, pertama adalah golongan surat Makiyyah, dan yang kedua adalah golongan surat Madaniyah.

Surat Makkiyah adalah surat yang diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, sedangkan surat madaniyah adalah surat-surat atau ayat-ayat Al-Quran yang diturunkan ketika Rasulullah SAW hijrah ke kota Madinah.

Surat-Makkiyah

Baik surat Makkiyah dan surat Madaniyah memiliki karakterisktik masing-masih. Berikut adalah beberapa karakteristik dari surat Makkiyah dan Madaniyah yang dapat dijadikan sebagai pembeda kedua golongan surat tersebut.

Karakteristik Surat Makkiyah dan Madaniyah

Karakteristik Surat Makkiyah

  • Kebanyakan surat Makiyah pendek-pendek yang disebut ayat qaish
  • Dalam surat Makkiyah biasanya berisi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancaman, pahala, serta kisah-kisag dari para umat terdahulu
  • Setiap surat Makkiyah berisi mengenai kisah-kisah para nabi serta umatnya terdahulu (kecuali pada surat Al-Baqarah)
  • Mengajarkan tentang ajakan tauhid, ajakan beribadah hanya kepada Allah SWT, pembuktian tentang kenabian, hari kiamat, hari pembalasan dan hari kebangkitan, serta berisi tentang keadaan neraka dan surga.
  • Surat Makkiyah juga banyak menceritakan tentang orang-orang munafik dan masalah yang disebabkan oleh orang-orang munafik tersebut.

Karakteristik Surat Madaniyah

  • Ayat-ayat dalam surat Madaniyah cenderung panjang-panjang yang dinamai ayat tiwal
  • Dalam surat Madaniyah lebih banyak membahas mengenai sanksi-sanksi hukum, warisan, hak, serta aturan politik, sosial dan agama
  • Berisi tentang seruan kepada ahli kitab dari kalangan Nasrani dan Yahudi
  • Berisi tentang penjelasan-penjelasan mengenai ibadah, muammalah, kekeluargaan, warisan, jihad, masalah perang, serta masalah perundang-undangan
  • Setiap surat pada surat madiniyah terdapat dialog dengan para ahli kitab.
  • Itulah beberapa perbedaan karakteristik dari surat Makkiyah dan surat Madaniyah. Untuk lebih mengetahui tentang surat Makkiyah, maka berikut ini akan memberikan contoh-contoh surat dalam Al-Quran yang termasuk surat Makkiyah

Enam Surat yang Tergolong Surat Makkiyah

1. Surat Al-Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan salah satu golongan surat Makkiyah, surat ini terdiri dari tujuh ayat. Surat dalam Al-Quran ini merupakan surat pembuka dalam Al-Quran.

Menurut hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabdah bahwa surat Al-Fatihah merupakan surat Al-Quran yang paling agung.

Seperti yang dikutip dari wisatanabawi bahwa surat Al-Fatihah juga merupakan surat yang wajib dibaca saat sholat dan menjadi syarat sahnya sholat.

Sholat seseorang akan tidak sah jika seseorang tersebut tidak membaca surat Al-Fatihah. Isi dari surat Al-Fatihah adalah tentang keimanan, ibadah, hukum-hukum, janji, dan anacaman.

2. Surat An-Nas

An-Nas memiliki arti manusia. Surat An-Nas terdiri dari enam ayat, surat ini merupakan surat penutup dalam Al-Quran.

Surat An-Nas berisi mengenai perintah untuk berlindung hanya kepada Allah SWT dari bahaya godaan setan yang terkutu. Surat An-Nas juga merupakan surat yang selalu Rasulullah SAW baca ketika hendak tidur.

3. Surat Al-Lahab

Surat Al-Quran yang termasuk dalam golongan surat Makkiyah adalah surat Al-Lahab. Al-lahab berari api yang bergejolak, surat ini terdiri dari lima ayat.

Surat ini menceritakan mengenai salah satu keluarga nabi yaitu Abu Lahab (paman Rasulullah) dan istrinya yang diancam Allah masuk neraka. Abu Lahab dan Istrinya merupakan orang-orang yang tidak pernah mendukung dakwah Rasullulah SAW, bahkan merka berdua sering mencaci-maki Rasululla SAW.

4. Surat Al-Ikhlas

Berikutnya ada surat Al-Ikhlas yang masuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat ini sangat mudah untuk dihafal.

Sama halnya seperti Surat An-Nas, surat Al-Ikhlas adalah salah satu surat yang selalu dibaca Rasulullah SAW ketika hendak tidur, sehingga sebagai seorang muslim tidak ada salahnya ketika akan tidur membaca surat Al-Ikhlas.

Surat Al-Ikhlas juga bisa dibaca ketika pagi dan sore hari. Surat ini terdiri dari empat ayat, isi dari surat Al-Ikhlas adalah mengenai bentuk keesaan Allah SWT, serta larangan untuk menyekutukan Allah SWT.

5. Surat Al-Falaq

Surat Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas merupakan tiga surat yang selalau dibaca Rasulullah SAW ketika hendak pergi tidur.

Untuk itu sebagai muslim juga sebaiknya membaca ketiga surat tersebut ketika hendak tidur. Surat AL-Falaq ini juga baik dibaca ketika sedang dalam perjalanan.

Al-Falaq berarti waktu subuh, surat Al-falaq merupakan surat pendek yang diturunkan di kota Mekkah, surat ini hanya terdiri dari lima ayat. Surat Al-Falaq berisi agar menusia selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala keburukan.

6. Surat Al-Asr

Surat Al-Asr juga merupakan surat Makkiyah, yang terdiri dari tiga ayat saja, sehingga akan sangat mudah untuk dihafalkan.

Surat ini berisi agar dapat memanfaatkan waktu, sebaikanya waktu digunakan untuk ibadah dan melaksanakan kebaikan. Orang-orang yang tidak dapat memanfaatkan waktu dengan benar merupakan orang-orang yang merugi.

Baca juga : Ibadah Untuk Mendapat Pengampunan Allah

Itulah enam surat dalam Al-Quran yang tergolong dalam surat Makkiyah. Keenam surat di atas merupakan surat-surat Al-quran yang pendek, jadi surat-surat tersebut jelas akan sangat mudah untuk dihafalkan, selain itu sebagai seorang muslim jangan lupa meluangkan waktu untuk membaca Al-Quran beserta terjemahanya.

Loading...