Tanaman Langka Indonesia yang Hampir Punah

Loading...

Tanaman Langka Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sumber daya alam yang sangat banyak dan cukup melimpah, maka dari itu ada istilah yang digunakan sebagai judul lagu “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”. Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata-kata tersebut. Hal ini dikarenakan tanah di Indonesia ini sangat subur sehingga banyak sekali jenis flora dan fauna yang mampu hidup di tanah air kita ini.

Dan berbicara mengenai potensi alam yang ada di Indonesia, saat ini banyak sekali penebangan liar yang sering kali dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tentunya mengakibatkan banyak hewan dan tumbuhan yang rusak dan akhirnya mati. Bukan hanya penebangan liar, namun banyak juga mereka yang menjual hewan dan tumbuhan langka di Indonesia ini.

Tanaman Langka Indonesia

Maka dari itu banyak sekali hewan dan tumbuhan yang hampir mengalami kepunahan akibat tangan-tangan mereka yang tidak bertanggung jawab. Nah untuk mengetahui beberapa jenis tanaman langka asli Indonesia yang hampir punah, dibawah ini kami telah menyiapkan informasi daftar jenis tanaman langka asli Indonesia yang dapat kalian simak berikut ini.

Berikut 7 Tanaman Langka Indonesia yang Hampir Punah

1. Rafflesia Arnoldi

Tanaman Langka Indonesia - Rafflesia Arnoldi

Tanaman langka Indonesia yang pertama adalah Rafflesia Arnoldi. Jenis tanaman yang satu ini adalah tanaman parasit yang membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Rafflesia Arnoldi ini berada di Taman Nasional Bengkulu dan keadaannya sekarang sangatlah memprihatinkan. Salah satu tumbuhan langka di dunia ini juga patut kita jaga kelestariannya, mengingat saat ini banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab yang tega merusak ekosistem yang ada di laut dan juga di hutan kita.

2. Damar

Tanaman Langka Indonesia - Damar

Kedua adalah Pohon Damar. Tanaman ini merupakan tanaman asli Papua yang sudah cukup langka saat ini. Damar memiliki nama latin Agathis Labillardieri yang mana dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 60 meter dengan diameter pohon mencapai 2 meter. Hal inilah yang menjadikan tanaman langka ini menjadi salah satu jenis pohon yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi saat ini. Banyak sebagian masyarakat yang sengaja menebang pohon ini untuk digunakan dalam berbagai keperluan.

3. Balam Suntai

Tanaman Langka Indonesia - Balam Suntai

Loading...

Mungkin kalian masih asing dengan nama tanaman langka Indonesia yang satu ini, yakni Balam Suntai. Balam Suntai ini juga memiliki nama latin Palaquium Walsurifolium, dimana tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki kualitas kayu terbaik. Kayu dari tanaman ini memiliki tingkat keawetan kelas 4 dan kekuatan dari kayu ini berada di kelas 2. Maka tidak heran jika banyak yang menebang pohon ini dengan liar.

4. Anggrek Hartinah

Tanaman Langka Indonesia -Anggrek Hartinah

Selanjutnya ada Anggrek Hartinah. Anggrek ini masuk dalam tipe tanaman Anggrek yang endemik dan hanya dapat tumbuh di daerah tertentu saja. Anggrek Hartinah juga sering dikenal dengan nama Anggrek Tien Soeharto (Cymbidium hartinahianum). Tanaman langka asli Indonesia ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di pulau Sumatera tepatnya di Desa Baniata Tele, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

5. Anggrek Hitam

Tanaman Langka Indonesia - Anggrek Hitam

Tanaman Langka asli Indonesia yang kelima adalah Anggrek Hitam. Anggrek Hitam ini memiliki nama latin Coelogyne Pandurata. Tanaman langka ini memiliki ciri khas pada bagian bunga yang memiliki labellum berwarna hitam. Dalam bahasa Inggris, tanaman ini juga sering disebut dengan nama Black Orchid. Namun di Kalimantan Timur tanaman ini dikenal dengan nama kersik Luai.

6. Kokoleceran

Tanaman Langka Indonesia - Kokoleceran

Selanjutnya ada Kokoleceran. Nama tanaman langka asli Indonesia ini memang cukup aneh, namun perlu kalian ketahui jika tanaman ini adalah maskot dari Provinsi Banten yang hanya dapat kalian temui di Taman Nasional Ujung Kulon. Vatica Bantamensis ini hanya mampu hidup di daerah tertentu saja dan keberadaan tanaman ini juga disinyalir cukup misterius dan hanya ada beberapa orang yang dapat mengetahui keberadaan tanaman yang satu ini.

7. Tengkawang

Tanaman Langka Indonesia - Tengkawang

Dan tanaman langka asli Indonesia yang terakhir adalah Tengkawang. Pohon ini merupakan sejenis pohon dari genus Shorea yang memiliki buah yang banyak mengandung minyak nabati. Pohon ini hanya tumbuh di pulau Kalimantan. Pohon ini juga dikenal dengan nama Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut. Tengkawang ini merupakan pohon yang menjadi maskot dari kota Kalimantan Barat.

Baca juga : 7 Tanaman Indonesia yang Beracun

Nah itulah beberapa jenis tanaman langka Indonesia yang harus kita jaga dan rawat akan keberadaanya agar dapat berkembang dan lolos dari kata kepunahan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai jenis tanaman langka asli Indonesia yang hampir punah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Loading...