Keindahan Tempat Semedi Gadjah Mada di Madakaripura

Loading...

Rugi rasanya jika ke gunung Bromo tidak mampir ke tempat yang satu ini, Madakaripura. Nama tersebut mempunyai arti. Mada yang berarti Patih Gadjah Mada dan Kari yang berarti tempat tinggal serta Pura yang berarti tempat berdo’a. Tempat ini dipercaya sebagai tempat meditasi terakhir patih Gadjah Mada dari kerajaan Majapahit. Sampai dirinya “Mukhsa” atau mati dan jasadnya tidak ada alias menghilang. Gadjah Mada memilih tempat ini dikarenakan tempat ini memiliki energy yang positif dan bisa menenangkan pikiran.

Tempat Semedi Gadjah Mada Sebagai Patih yang Melegenda

Tempat Semedi Gadjah Mada

Jangan mengira bahwa Madakaripura adalah Pura. Anda salah sekali jika membayangkan Madakaripura adalah sebuah Pura. Madakaripura adalah air terjun. Salah satu air terjun yang ada di Taman Nasional Tengger Bromo Semeru. Air Terjun madakaripura berbentuk Ceruk yang mempunyai banyak air terjun. Sehingga 3 diantaranya mengucur deras dan membentuk air terjun lagi. Air yang menetes di air terjun sangatkah deras hingga percikannya ke mana mana. Itulah mengapa tempat ini juga dijuluki hujan abadi. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat semedi gadjah mada.

Letak madakaripura berada di kaki gunung Bromo. Tepatnya di tongas. Jadi, anda bisa lewat Probolinggo ataupun Malang. Jika anda dari probolinggo, Anda bisa menaiki transportasi daerah. Pertama anda bisa naik bus besar dan turun di pertigaan tongas. Setelah itu, anda naik angkot. Perjalanan anda selama di tongas akan disuguhi pemandangan yang bagus dan jalan yang rusak.

Loading...

Setelah sampai di gerbang madakaripura anda akan disambut dengan patung Gadjah Mada. Harga tiket masuknya sekitar Rp 3000. Setelah itu anda harus jalan kaki untuk menuju ke air terjun. Selama perjalanan anda akan sering terkena air. Dianjurkan membawa payung atau jas hujan dan memakai sandal gunung. Jika anda tidak sempat membawanya dari rumah. Tenang saja, Ada orang yang berjualan itu kok disana. Harganya cukup murah, sekitar Rp 10.000.

Perjalanan dari gerbang ke air terjun sangat indah dan memnajakan mata dengan adanya pohon pohon besar, udara yang segar, tebing dan melewati sungai Sungair. Kalau dirasakan, lokasi ini memang lokasi yang tepat untuk tempat semedi Gadjah mada. Jika Anda tidak berpengalaman. Anda bisa menyewa guide disana. Perjalanan menuju air terjun utama sedikit lebih jauh dan harus melewati tebing yang licin dan sempit. Setelah sampai di air terjun utama yang berbentuk melingkar sepeerti botol , rasa capek anda akan hilang dan membuat anda bersyukur karena telah melihat ciptaan tuhan yang sangat indah.

Panjang air terjun di Madakaripura mencapai 200 meter. Dan menjadi air terjun terpanjang di Jawa Timur, dan kedua di Indonesia setelah air terjun sigura-gura di danau Toba, Sumatra utara. Mitos yang ada di Madakaripura adalah anda harus meninggalkan tempat ini sebelum jam 14.00 WIB. Dikarenakan akan terjadi hujan pada jam-jam itu dan bisa mempengaruhi tingkat air di sekitar air terjun dan membuat anda kesulitan untuk kembali.

Baca juga : Sisi lain Gunung Bromo

Demikian informasi tentang tempat semedi Gadjah Mada sebagai patih Majapahit yang namanya melegenda hingga saat ini.

Loading...