Tips Merawat Printer Inkjet

Loading...

Tak jarang ragam masalah printer muncul saat mencetak dokumen, dari non teknis hingga teknis. Ada yang drivernya belum diinstall, catridge bocor, hingga kertas yang tersangkut.

Sebenarnya, beberapa masalah yang sering ada pada saat mencetak tersebut telah diberikan panduannya pada buku panduan yang diberikan sepaket di bungkus printer.

Mungkin hilang atau bagaimana sehingga Anda sampai ke postingan ini. Ya, ini bukanlah permasalahan.

Beberapa cara berikut ini insyaallah bisa membantu printer Anda tetap awet dan jauh dari beragam permasalahan yang mungkin cukup menjengkelkan.

Tips Merawat Printer Inkjet

tips merawat printer inkjet

Loading...

1. Cek Aliran Listrik

Pada umumnya penggunaan printer terutama tipe inkjet memang menggunakan aliran listrik, namun bukan sembarang aliran listrik yang dapat digunakan. Sifat aliran listrik yang sehat untuk digunakan adalah konstan artinya terus mengalir.

Apabila Anda mematikan printer tersebut dengan cara mencabut listrik langsung dari stop kontak, maka printer akan melakukan aktivitas cleaning secara otomatis jika sudah tersambung dengan aliran listrik kembali.

Jadi, usahakan supaya aliran listriknya tidak terputus secara tiba-tiba. Coba atur lagi manajemen kabel dari printer.

2. Matikan dengan Manual

Jika printer inkjet tidak digunakan maka lebih baik jika dimatikan saja melalui tombol On/Off, hal ini memastikan printer akan menggiring catridge tinta ke tempat yang semestinya dan mencegah tinta cepat mengering.

Usahakan jangan sampai mematikan printer dengan cara mencabut kabel dari stop kontak, hal tersebut akan membuat catridge tinta berada di tempat yang tidak semestinya.

Biasanya bila tidak dicabut dengan benar, catridge berada di bagian tengah printer. Untuk mengembalikannya pada posisi awal, Anda bisa menggesernya atau menyalakan kembali printer, lalu mematikannya sesuai prosedur.

Loading...

3. Gunakan secara Kontinu

Dalam menggunakan printer sekaligus menjaga kualitasnya agar tetap optimal, maka penggunaan printer baiknya secara periodik setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Hal ini diklaim mampu membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar.

Dari pengalaman founder rekomended.com menggunakan printer inkjet, apabila tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama (1 bulanan) hasil dari proses cetak tampak ada garis-garisnya.

Untuk mengatasi ini perlu dilakukan deep cleaning pada printer untuk mengecek kualitas dari cetakan.

4. Bersihkan

Membersihkan kotoran yang terdapat bagian dalam printer merupakan hal yang wajib dilakukan.
Kotoran baik berupa debu bahkan dapat mengganggu kinerja perangkat ini, kebersihan printer akan menjaga kemampuan perangkat ini dalam mencetak.
Usahakan tidak menyimpan printer pada tempat yang banyak debu dan penuh serangga. Kalaupun harus di tempat yang banyak debu, sebaiknya Anda tutup.
Jika diperlukan Anda dapat membungkus printer inkjet tersebut dengan menggunakan plastik agar terhindar dari kotoran.

5. Cermati Kondisi Catridge

Kondisi catridge yang digunakan pada printer sepenuhnya terhubung dengan listrik, hal ini akan berpengaruh pada hasil cetakan.

Gunakan dengan sangat hati-hati, termasuk ketika Anda akan mengganti tinta printer yang terdapat di dalam catridge.

Untuk pemakaian tinta, gunakan sampai habis atau sampai printer berhenti, di dalam catridge biasanya masih menyisakan tinta yang dapat digunakan sampai beberapa kali pencetakan.

Setelah benar-benar habis segera isi ulang catridgenya.

6. Pakai Diagnostic Tools

Pada umumnya semua jenis printer memiliki perangkat lunak yang berisi tentang cara merawat dan memakai printer dengan benar.

Anda dapat mempelajari software tersebut, informasi yang terkandung pada bagian itu mampu membantu mengatasi permasalahan printer.

7. Langkah Darurat

Printer bisa saja gagal mencetak, hal ini dapat diatasi dengan mematikan tombol printer, setelah itu Anda dapat mencabut kabel daya.

Tunggu hingga 10 menit, kemudian masukkan lagi kabel daya tersebut pada stop kontak, nyalakan printer dan coba cetak kembali.

Beberapa langkah diatas merupakan cara merawat printer tipe inkjet dengan mudah dan tidak ribet, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk memberi umur panjang pada printer kesayangan.

Lakukan dengan benar dan teratur beberapa cara diatas agar printer tidak mudah rusak.

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat, ya.

Loading...