Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Apakah Anda salah satu pengguna aplikasi chat whatsapp?

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chat yang paling banyak digunakan di era sekarang. Anda bisa berkirim pesan, gambar, video, pesan suara, bahkan video call.

Bahkan sekarang ini banyak aplikasi WhatsApp Clone atau WhatsApp Mod yang dikembangkan oleh pihak ketiga seperti GBWhatsApp, YOWhatsApp, Fouad WhatsApp, WhatsApp Plus dan masih banyak lagi.

Nah, dengan banyaknya aplikasi WA Mod yang dikembangkan, memungkinkan ketika Anda menggunakannya, Anda mengalami file WhatsApp Anda terhapus.

Untuk itu bagi para pengguna Whatsapp penting untuk mengetahui bagaimana cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus agar jika suatu saat terjadi tidak bingung.

Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Bagaimanapun juga, banyak orang yang mengalami file whatsapp terhapus entah karena handphone hang atau karena hal lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Whatsapp memang menjadi media paling praktis untuk berkirim beragam jenis file.

Jika Anda memiliki masalah file di Whatsapp tiba-tiba terhapus, silahkan lakukan beberapa cara yang kami kutip dari bergawai.com di bawah ini.

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus Paling Praktis

Kehilangan file merupakan salah satu hal yang sangat merisaukan. Terlebih lagi jika file yang hilang tersebut merupakan file yang benar-benar penting.

Namun, Anda tidak perlu terlalu panik dan cemas. Kejadian file terhapus di Whatsapp ini bisa dikembalikan menggunakan beberapa tutorial di bawah ini.

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus di Android

Cara-Menegembalikan-File-WhatsApp-yang-Terhapus-di-Android

Pengguna android juga tidak perlu khawatir jika file whatsapp terhapus. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk mengembalikan file tersebut kembali ke tempat semula.

a. Backup file

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan backup file. Backup file bisa dilakukan dengan masuk pada menu setelah di Whatsapp dan pilih menu chat.

Di sana, Anda bisa melakukan backup semua jenis file termasuk chat dan lain-lain.

b. Uninstall aplikasi Whatsapp

Langkah kedua, Anda bisa melakukan uninstall aplikasi Whatsapp. Mengapa hal ini harus dilakukan?

Ini dilakukan untuk bisa mengembalikan semua file yang pernah ada pada chat Whatsapp Anda.

Namun pastikan Anda telah melakukan backup dengan benar pada langkah pertama. Carilah master aplikasi Whatsapp dan hapus aplikasi tersebut.

c. Install ulang aplikasi Whatsapp tersebut

Cara mengembalikan file chat Whatsapp yang terhapus berikutnya adalah dengan melakukan install ulang aplikasi Whatsapp Anda.

Temukan master aplikasi Whatsapp pada playstore dan kemudian lakukan install ulang.

Cara install ulang aplikasi ini bisa dilakukan seperti biasa. Anda akan diminta melakukan verifikasi nomor dan masukkan kode verifikasi sesuai dengan yang diminta.

d. Restore file

Jika aplikasi Whatsapp benar-benar telah terpasang pada android, Anda bisa melakukan restore file. Proses ini bisa dilakukan setelah proses verifikasi install Whatsapp telah selesai dilakukan.

Aplikasi otomatis akan melakukan pendeteksian pada ponsel untuk menemukan file yang telah tersimpan pada manajemen backup.

Jika memang ada, aplikasi akan memunculkan menu restore backup otomatis. Kemudian, Anda pun bisa memulihkan file yang telah hilang.

e. Wait

Proses untuk melakukan restore backup ini bisa memakan beberapa waktu. Lama tidaknya proses backup tergantung banyak tidaknya file yang hilang atau file yang akan Anda kembalikan.

f. Selesai

Jika proses selesai, Anda bisa mengembalikan Whatsapp kembali dengan file yang sudah muncul lagi.

Bagaimana, cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus pada android ini cukup mudah bukan?

Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus di iPhone

Cara-Menegembalikan-File-WhatsApp-yang-Terhapus-di-Iphone

Bagi Anda pengguna iPhone, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika Anda kehilangan file di aplikasi Whatsapp.

a. Chat backup

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembalikan file Whatsapp yang sudah terhapus di iPhone Anda adalah membuka aplikasi dan memilih menu.

Setelah itu, temukan menu Chat dan Chat Backup. Menu ini bisa digunakan untuk memulihkan atau mengembalikan file yang telah hilang karena terhapus atau karena kelalaian lainnya.

b. Hapus aplikasi Whatsapp

Setelah Anda melakukan pencadangan chat, kini Anda bisa menghapus aplikasi Whatsapp Anda terlebih dahulu. Temukan aplikasi Whatsapp pada iPhone dan kemudian lakukan uninstall.

Setelah aplikasi Whatsapp benar-benar sudah dihapus, Anda bisa melakukan install ulang dengan mencarinya di App Store.

Cara mengembalikan file Whatsapp yang hilang harus dilakukan agar file Anda nanti bisa kembali ke tempat semula.

c. Lakukan proses verifikasi

Setelah melakukan install Whatsupp pada iPhone, kemudian Anda bisa melakukan login atau masuk kembali ke aplikasi ini untuk melakukan proses verifikasi.

Saat melakukan proses verifikasi, nantinya Anda akan memperoleh beberapa pilihan yang bisa dipilih.

Pilihan paling tepat untuk bisa mengembalikan file Whatsapp yang sudah terhapus adalah restore. Proses restore yang Anda lakukan bisa membuat File Anda yang sudah hilang akan kembali lagi.

d. Setuju

Langkah terakhir, Anda bisa memilih pilihan setuju untuk melanjutkan. Jika Anda memilih pilihan ini, maka proses akan selesai dan file Whatsapp pada iPhone pun akan kembali seperti semula.

Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus Melalui Google Drive

Cara-Menegembalikan-File-WhatsApp-yang-Terhapus-Melalui-Gogle-Drive

Cara selanjutnya untuk mengembalikan file Whatsapp yang terhapus adalah menggunakan Google Drive.

Cara ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis smartphone. Anda sangat beruntung jika memang sebelumnya Anda telah melakukan backup data ke Google Drive.

Dengan bantuan Google Drive ini, file hilang ketika ponsel reset akan bisa dikembalikan dengan mudah.

Meskipun demikian, pastikan bahwa Anda menggunakan akun google yang sama dengan akun Google yang digunakan untuk Whatsapp.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini jika sudah pernah melakukan backup data Whatsapp di Google Drive.

a. Install aplikasi Whatsapp

Cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus menggunakan Google Drive bisa diawali dengan melakukan proses install.

Proses instalasi Whatsapp bisa dilakukan dengan menemukan master file aplikasi terlebih dahulu di Playstore.

b. Masukkan nomor

Pastikan Anda memasukkan nomor yang sama dengan nomor yang Anda gunakan sebelumnya. Pastikan juga nomor tersebut masih aktif atau bisa digunakan.

c. Verifikasi

Nantinya akan muncul kode verifikasi. Jika kode verifikasi sudah diterima, Anda akan menemukan opsi restore secara otomatis.

Kemudian, Anda bisa memilih menu next dan restore. Ini harus dilakukan untuk mengembalikan data Anda yang sudah terhapus di Whatsapp.

d. Tunggu hingga proses restore selesai

Kini, Anda hanya perlu menunggu proses restore sampai selesai. Proses ini bisa memakan waktu sebentar bisa juga lama.

Lama tidaknya proses restore tergantung dari ukuran file yang di backup. Jika memang besar, Anda harus cukup sabar untuk menunggu hingga proses selesai dilakukan.

e. Selesai

Jika proses restore selesai, maka cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus melalui Google Drive sudah komplit.

Otomatis, data Whatsapp terakhir pun akan di backup dan muncul. Anda bisa menemukan file yang telah terhapus sebelumnya. Namun, pastikan data Whatsapp yang memang benar-benar penting tersebut rutin di backup.

Jadi, jika file kembali terhapus atau hilang Anda bisa menemukannya dengan mudah dan aman.

Whatsapp menjadi sebuah aplikasi yang memang banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Kemudahan dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan membuat siapa saja merasa efektif dalam menggunakan aplikasi ini.

Lakukan backup data secara rutin agar file yang telah terhapus di Whatsapp bisa dikembalikan dengan mudah.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir

Demikian ulasan tentang cara mengembalikan file WhatsApp yang hilang. Silahkan pilih caranya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Loading...