Cara Menghapus Akun WhatsApp

Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghapus akun WhatsApp secara permanen ketika Anda sudah tidak memakai aplikasi ini lagi.

Jika sudah tidak dipergunakan, akun pada sebuah aplikasi memang sebaiknya dihapus saja daripada nantinya disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sama seperti fitur lain yang disediakan oleh WhatsApp official atau WhatsApp Mod. Hapus Akun juga merupakan salah satu fitur yang disediakan untuk kenyamanan penggunanya.

Cara Menghapus Akun WhatsApp Permanen

Penghapusan akun WhatsApp ini bisa Anda gunakan jika tidak akan lagi menggunakan aplikasi chat ini atau berpindah menggunakan aplikasi lainnya.

Cara Menghapus Akun WhatsApp yang Tidak Dipakai Lagi

Sebelum memutuskan untuk mempelajari cara menghapus akun WhatsApp Anda, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu dengan baik. Pasalnya, penghapusan akun ini akan menyebabkan beberapa hal yang tidak bisa lagi dikembalikan.

Akun Anda tidak akan bisa dipulihkan dan proses penghapusan ini juga akan memakan waktu 90 hari. Berikut ini adalah efek dari menghapus akun WhatsApp, diantaranya adalah:

  • Tidak bisa kembali atau memulihkan akun yang sudah dihapus
  • Menghapus semua histori percakapan yang pernah dibuat
  • Membuat Anda keluar dari semua grup WhatsApp
  • Menghapus semua cadangan data Anda yang tercatat pada Google Drive

Hapus akun sebaiknya dilakukan jika Anda benar-benar berniat untuk menghapus akun WhatsApp secara permanen dan mengetahui bagaimana konsekuensi-nya. Untuk itu, berikut cara menghapus akun WhatsApp dengan mudah untuk selamanya.

Masuk Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama untuk menghapus akun adalah dengan masuk ke aplikasi WhatsApp. Menu yang akan Anda lihat di sana adalah Chat, Status dan Panggilan.

Masuk ke Menu Lainnya

Cara menghapus akun WhatsApp selanjutnya adalah dengan membuka Menu Lainnya. Menu ini ditandai dengan tiga titik vertikal yang terdapat di pojok kanan atas layar.

Dalam menu ini, Anda akan menemukan beberapa menu lagi seperti Grup Baru, Siaran Baru, WhatsApp Web, Pesan Berbintang dan Setelan.

Masuk Menu Setelan

Menu Setelan berisi beberapa menu seperti Akun, Chat, Notifikasi, Data dan Penyimpanan, Bantuan dan Undang Teman. Untuk menghapus akun, Anda harus masuk di menu Akun.

Pilih Menu Hapus Akun

Menu Hapus Akun berada di posisi paling bawah setelah menu Privasi, Keamanan, Verifikasi Dua Langkah, Ganti Nomor dan Minta Info Akun.

Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon sesuai kode negara. Lalu, ketuk tombol Hapus Akun Saya.

Masukkan Alasan

Cara menghapus akun WhatsApp selanjutnya adalah dengan mengisi alasan Anda menghapus akun tersebut. Isilah sesuai dengan penyebab mengapa Anda harus menghapus akun ini.

Setelah itu, tekan tombol Hapus Akun Saya lagi. Setelah akun Anda terhapus, tampilan WhatsApp akan kembali pada tampilan awal seperti ketika Anda membuka aplikasi ini pertama kali.

Proses penghapusan akun Anda akan segera dimulai. Meskipun dilakukan dengan tidak sengaja, penghapusan akun tidak akan bisa dibatalkan. Semua data dan informasi yang sudah terhapus tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Namun, proses penghapusan ini tidak akan memberi dampak atau pengaruh pada informasi pengguna lain. Misalnya jika Anda telah mengirimkan sebuah pesan pada pengguna lain, pesan tersebut tidak akan terhapus atau hilang.

Yang perlu Anda ingat adalah bahwa menghapus akun berbeda dengan menguninstall aplikasinya dari ponsel. Jika Anda uninstall aplikasi ini, WhatsApp akan hilang dari ponsel. Akan tetapi, akun Anda akan tetap ada dalam sistem WhatsApp.

Cara menghapus akun WhatsApp ini adalah untuk menghilangkan akun Anda dari WhatsApp namun aplikasinya masih tetap ada di ponsel sampai Anda menguninstallnya.

Pertanyaan Seputar Akun WhatsApp yang Sudah Dihapus

Pertanyaan Ketika Menghapus Akun WhatsApp

Dengan menggunakan cara menghapus akun WhatsApp yang sangat mudah diatas, Anda mungkin masih akan bertanya-tanya apakah ada yang tersisa dari akun Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang umumnya ditanyakan setelah melakukan penghapusan akun.

1. Apakah nomor handphone masih bisa digunakan untuk mendaftar lagi?

Nomor handphone yang Anda gunakan masih tetap bisa dipergunakan untuk melakukan pendaftaran ulang atau membuat akun baru. Dengan syarat, nomor yang Anda gunakan harus aktif karena akan dipergunakan untuk menerima dan melakukan verifikasi.

2. Bagaimana dengan Kontak yang ada di dalam WhatsApp?

Pada dasarnya, nomor kontak yang Anda catat tersimpan di dalam simCard, Google atau pada ponsel. Jadi, meskipun akun WhatsApp Anda sudah dihapus secara permanen, catatan kontak tersebut tidak akan hilang. Anda bisa mengeceknya kembali pada menu Kontak yang ada di dalam ponsel.

3. Kontak saya apakah masih bisa terlihat oleh orang lain dan dichat?

Setelah akun WhatsApp Anda dihapus, pastinya akun ini sudah tidak tersedia lagi dalam sistem WhatsApp. Pengguna lain tidak akan bisa melakukan Chatting atau panggilan pada akun yang sudah dihapus tersebut.

Hanya saja, jika sebelumnya masih ada histori chatting yang pernah dilakukan, Chat tersebut tidak otomatis hilang dari menu teman Anda. Namun, mereka sudah tidak bisa lagi melakukan chat pada Anda.

4. Apakah akun saya otomatis keluar dari Grup WhatsApp?

Ya, dengan menghapus menggunakan cara menghapus akun WhatsApp diatas, Anda secara otomatis akan keluar dari semua grup yang ada dalam akun tersebut.

Jika Anda membuat akun baru dengan nomor yang sama, maka Anda harus meminta bantuan pada admin grup untuk mengundang akun Anda kembali.

5. Adakah cara yang bisa mengembalikan akun yang terhapus secara tidak sengaja?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur ini adalah untuk menghapus akun WhatsApp secara permanen.

Anda tidak bisa mengembalikan akun yang sudah terhapus, namun bisa membuat akun baru lagi dengan nomor yang sama.

6. Jika saya membuat akun baru dengan nomor yang sama, apakah data sebelumnya bisa saya dapatkan kembali?

Tidak bisa. Semua data yang terkirim dan diterima, rekaman panggilan, histori chatting tidak bisa Anda peroleh kembali ketika akun sudah dihapus.

Meskipun Anda membuat akun baru menggunakan nomor yang sama, semua data tidak bisa dikembalikan.

7. Jika saya mengganti nomor, sebaiknya menghapus akun atau bisa dengan cara lain?

Anda tidak perlu menggunakan cara menghapus akun WhatsApp diatas untuk hal ini. WhatsApp memiliki fitur Ganti Nomor yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ini.

Untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke menu setelan. Nomor yang Anda gunakan akan otomatis pindah ke nomor baru. Pengguna lain akan mendapatkan konfirmasi ketika Anda sudah mengganti nomor.

8. Bagaimana jika ponsel saya hilang dan ingin menghapus akun di ponsel tersebut?

Jika akun WhatsApp tersebut masih akan dipergunakan, Anda tidak perlu menghapusnya. Anda bisa mengirimkan email ke WhatsApp dengan kalimat

“Lost/Stolen: Please deactivate my account (Hilang/Dicuri: Tolong nonaktifkan akun saya)”

Setelah itu, Anda bisa mengaktifkan kembali akun tersebut di ponsel lainnya.

Demikianlah cara menghapus akun WhatsApp permanen yang bisa Anda pelajari dan semua info yang perlu diketahui setelah melakukan penghapusan akun.

Jika Anda sudah benar-benar positif tidak akan menggunakan akun WhatsApp ini lagi, silahkan gunakan cara tersebut diatas. Selamat mencoba.

Loading...